Monster Arduino 3 mengurai tentang SMS Controller dan Internet of Things, khususnya yang menggunakan modul GSM dengan jaringan GPRS.
Selain dasar-dasar penggunaan modul GSM SIM8xx, SIM9xx, dan Ax. Ada 3 project yang kita bahas sebagai bonus, project ini adalah project yang pernah kita kerjakan yang harganya bisa dicek di beberapa gambar di bawah. Selain belajar bagaimana cara mengontrol alat dengan sms, kita juga berikan source code program GPS Tracker, program telemedical monitoring dalam memonitor detak jantung dengan PulseSensor, dan Smart Room dimana beberapa peralatan rumah dapat kita kontrol dengan sms atau android yang dapat dikembangkan menjadi Smart Home.
* * *
Dibawah ini adalah sebagain kecil project yang masuk ke kami dan ada kaitannya dengan materi dalam Monster Arduino 3:
Jika semua project ini dijadikan satu, maka total harga yang harus dibayar adalah diatas Rp 5juta.
Monster Arduino 3 ada dua versi: Ebook dan Buku Cetak. Versi ebook dapat Anda beli secara langsung atau melalui Google Book atau Google Play Book dengan harga normal Rp419rb.
Jika membeli secara langsung, Anda tidak perlu membayar Rp. 5.419.000,-, karena kami telah mendokumentasikannya. Berikut paket yang dapat Anda pilih:
1. Full Source Code Rp 300rb
2. Full Source Code + Ebook PDF Rp 359rb
3. Full Source Code + Ebook PDF + Buku Cetak Rp 359rb
Free ongkir jika pesan buku cetak dan langsung dikirim apabila stok ready. Sekalian dapat diskon 70% Monster Arduino 2 (Ebook PDF + file Source Code). Berikut contoh buku dan source code di komputer.
Setelah transfer ke salah satu rekening berikut, silakan konfirmasi melalui Whatsapp atau Telegram pada tombol di bawah:
BRI 6373-0101-2032-535 a.n. Hari Santoso
MANDIRI 144-00-1732942-3 a.n. Hari Santoso
BCA 011-5238-171 a.n. Aprillia Dewi K.
Daftar Isi
PENGANTAR PENULIS hlm:IV DAFTAR ISI hlm:V DAFTAR PROGRAM hlm:XI DAFTAR GAMBAR hlm:XV DAFTAR TABEL hlm:XIX BAGIAN 0. PENTING! hlm:1 0.1. APA PROFESI ANDA? hlm:1 0.2. HARDWARE UNTUK PRAKTEK hlm:3 0.3. REKOMENDASI TOKO ONLINE hlm:4 BAGIAN 1. INTERNET OF THINGS hlm:5 1.1. BENDA (THING) hlm:6 1.2. KONTROLER, SENSOR, DAN AKTUATOR hlm:6 1.3. TERKONEKSI DENGAN INTERNET hlm:7 1.4. IOT BROKER & MANAGEMENT hlm:7 BAGIAN 2. KOMUNIKASI ARDUINO hml:11 2.1. KOMUNIKASI SINKRON DAN ASINKRON hlm:11 2.2. KOMUNIKASI SERIAL hlm:14 2.2.1 Serial Monitor & CoolTerm hlm:15 2.2.2 Serial.write() atau Serial.print()? hlm:17 2.2.3 Membaca data Serial hlm:21 2.2.4 Menghapus Data Serial hlm:23 2.2.5 Menunggu Data Tertentu pada Serial hlm:23 2.2.6 Menutup Koneksi Serial hlm:25 2.2.7 SerialEvent() (Khusus Hardware Serial) hlm:26 2.2.8 SoftwareSerial hlm:27 2.3. BILANGAN RANDOM hlm:28 2.3.1 Program Bilangan Random hlm:28 2.3.2 Ramdom Seed hlm:29 2.4. BONUS CONTOH PROGRAM hlm:31 2.4.1 Program Serial Led hlm:31 2.4.2 Program Couple Blink hlm:33 BAGIAN 3. STRING BENDER hlm:35 3.1. PROTOKOL KOMUNIKASI hlm:35 3.1.1 Fisik hlm:36 3.1.2 Elektrik hlm:37 3.1.3 Logic hlm:37 3.1.4 Data hlm:38 3.1.5 Aplikasi hlm:38 3.2. MENGOLAH TEKS hlm:38 3.2.1 Memecah dengan String.concat() hlm:39 3.2.2 Mencari dengan String.indexOf() hlm:40 3.2.3 Mengambil dengan String.substring() hlm:42 3.2.4 Mencocokkan dengan String.equals() hlm:43 3.2.5 Menukar dengan String.replace() hlm:44 3.2.6 Mengubah Huruf hlm:44 3.2.7 Mencocokan Awal & Akhir Teks hlm:45 3.2.8 Konversi Teks hlm:46 BAGIAN 4. PROTOKOL KOMUNIKASI BERBASIS TEKS hlm:47 4.1. KASUS hlm:48 4.2. FORMAT DATA hlm:48 4.2.1 Simpel Format hlm:49 4.2.2 Name-Value Format hlm:54 4.2.3 Structured Data hlm:57 BAGIAN 5. MODUL GSM hlm:59 5.1. SEKILAS TENTANG MODUL GSM hlm:59 5.2. POWER SUPLY hlm:60 5.3. JALUR KOMUNIKASI & TOOLS hlm:62 5.3.1 Mengetahui Input Tegangan hlm:63 5.3.2 Mengetahui Jalur TX dan RX hlm:63 5.3.3 Memastikan Baud Rate hlm:63 5.3.4 Memastikan AT Command hlm:63 5.3.5 Mendeteksi Baud Rate Otomatis hlm:66 5.4. AT COMMAND hlm:68 5.5. SIM8XX DAN SIM9XX hlm:71 5.5.1 Indikator Led hlm:73 5.5.2 SIM900 hlm:74 5.5.3 SIM900A hlm:74 5.5.4 SIM800 hlm:75 5.5.5 SIM800L hlm:75 5.6. SIM A6 & SIM A7 hlm:76 BAGIAN 6. PENYEDERHANAAN PROGRAM hlm:79 6.1. INTRO hlm:79 6.2. MEMECAH FILE ARDUINO hlm:81 6.3. MEMBUAT LIBRARY hlm:84 6.3.1 Membuat File Header SDelayLib.h hlm:85 6.3.2 Membuat File SDelayLib.c hlm:85 6.3.3 Membuat File keyword.txt hlm:86 6.3.4 Memindah ke Folder Library hlm:86 6.3.5 Mencoba Library hlm:86 6.3.6 Menambahkan Sampel Library hlm:87 BAGIAN 7. SMS CONTROLLER hlm:89 7.1. AT COMMAND hlm:89 7.1.1 Melihat Kotak SMS hlm:90 7.7.2 Menyimpan SMS tanpa Mengirim hlm:91 7.7.3 Mengirim SMS hlm:91 7.7.4 Mengirim SMS berdasarkan Index SMS hlm:91 7.7.5 Membaca SMS berdasarkan Index SMS hlm:91 7.7.6 Menghapus SMS hlm:92 7.2. MEMBACA SMS hlm:92 7.2.1 Baca SMS Realtime hlm:93 7.2.2 Baca SMS Realtime Berdasarkan Nomer Index hlm:95 7.2.3 Baca SMS Terjadwal hlm:96 7.3. MENGIRIM SMS hlm:98 7.3.1 Mengirim Langsung dengan Teks hlm:99 7.3.2 Mengirim SMS berdasarkan nomer Index hlm:100 7.4. MEMBALAS SMS hlm:102 7.5. MENGONTROL DENGAN SMS hlm:103 7.5.1 Kontrol Satu Lampu hlm:103 7.5.2 Kontrol Banyak Lampu hlm:105 7.6. MEMBUAT SMS KONFIRMASI hlm:109 7.7. VALIDASI NOMER PENGIRIM SMS hlm:111 BAGIAN 8. PERBAIKAN FUNGSI SENDAT( ) hlm:113 8.1. INTRO hlm:114 8.2. PERBAIKAN FUNGSI SENDAT() hlm:116 BAGIAN 9. CALL CONTROLLER hlm:119 9.1. INTRO hlm:119 9.2. MISCALL CONTROLLER hlm:121 9.3. VALIDASI NOMER PENELPON hlm:122 9.4. NOTIFIKASI DENGAN MISSCALL hlm:124 9.5. NOTIFIKASI DENGAN MISSCALL & SMS hlm:126 BAGIAN 10. MENU USSD hlm:131 10.1. INTRO hlm:131 10.2. DASAR PERINTAH USSD hlm:132 10.3. MENAMPILKAN PULSA hlm:133 10.4. MENAMPILKAN PULSA MELALUI SMS hlm:135 BAGIAN 11. MENGAKSES WEBSITE hlm:139 11.1. PENGENALAN WEB hlm:139 11.2. TCP DAN HTTP hlm:140 11.3. PROTOKOL HTTP hlm:142 11.3.1 Method GET hlm:142 11.3.2 Method POST hlm:144 11.4. AT COMMAND TCP hlm:145 11.4.1 Koneksi GPRS hlm:146 11.4.2 Koneksi TCP hlm:147 11.4.3 TCP & Web Server hlm:148 11.5. PROJECT ARDUINO hlm:150 11.5.1 Project Jam Online hlm:150 11.5.2 Informasi Gempa dari Website BMKG hlm:155 11.6. MENGIRIM DATA hlm:162 11.6.1 Mengirim dengan GET hlm:163 11.6.2 Mengirim dengan POST hlm:165 BAGIAN 12. SIM8XX & SIM9XX hlm:169 12.1. INTRO hlm:169 12.2. KONEKSI GPRS hlm:170 12.3. MENGAKSES WEB hlm:171 12.3.1 Kiram Data dengan GET hlm:172 12.3.2 Kirim Data dengan POST hlm:174 12.4. MENGIRIM EMAIL hlm:176 12.5. MENDAPATKAN LOKASI TANPA GPS hlm:181 BAGIAN 13. IOT PLATFORM hlm:183 13.1. INTRO hlm:183 13.2. MENGAPA MQTT? hlm:184 13.2.1 Ukuran Paket Kecil hlm:185 13.2.2 Broker Komunikasi hlm:185 13.2.3 Realtime Publish-Subscribe hlm:185 13.2.4 Topic Subscription yang Fleksibel hlm:185 13.2.5 Jalur Komunikasi Aman hlm:186 13.2.6 Quality of Service hlm:186 13.3. PUBLISH / SUBSCRIBE hlm:186 13.4. PERSIAPAN AKUN MQTT hlm:188 13.5. TESTING DENGAN MQTT-SPY hlm:189 13.5.1 Konfigurasi Mqtt-Spy hlm:191 13.5.2 Membuat Koneksi hlm:192 13.5.3 Tes Topik, Publish, dan Subscribe hlm:194 13.5.4 Visualisasi hlm:196 13.6. MQTT PADA ARDUINO hlm:197 13.6.1 Library MQTT hlm:197 13.6.2 Library GSM hlm:198 13.6.3 Project Client MQTT hlm:198 BAGIAN 14. STUDI KASUS hlm:203 14.1. PROTOTYPE TRACKER LOKASI hlm:203 14.1.1 Rangkaian hlm:204 14.1.2 GPS Ublox Neo-6M hlm:205 14.1.3 NMEA Data GPS hlm:206 14.1.4 Program hlm:207 14.2. PROTOTYPE PEMANTAUAN DETAK JANTUNG REALTIME hlm:220 14.2.1 Rangkaian hlm:220 14.2.2 Sensor detak jantung PulseSensor hlm:221 14.2.3 Memastikan Data PulseSensor hlm:222 14.2.4 Memilih Data & Protokol hlm:224 14.2.5 Program hlm:224 14.3. PROTOTYPE SMART ROOM BERBASIS SMS hlm:234 14.3.1 Rangkaian hlm:236 14.3.2 Format Perintah SMS hlm:237 14.3.3 Program hlm:238 14.4. PROTOTYPE SMART ROOM BERBASIS INTERNET hlm:248 14.4.1 Rangkaian hlm:249 14.4.2 Topik MQTT hlm:249 14.4.3 Aplikasi Linear MQTT Dashboard hlm:250 14.4.4 Program hlm:252 PENUTUP hlm:259